Assalamualaikum, Blog ini merupakan kumpulan Tips, Portofolio saya, ide kreatif Seputar Interior dan Renovasi. Baik itu Rumah Ruko maupun kantor.

Salam Sukses,
Abdurrahman Hakim
www.rumah-strategis.com
hakim1480@gmail.com | admin@rumah-strategis.com | kimura_creatsi@yahoo.com
Showroom: Jl. Riau no 14B Pekanbaru
Phone/WhatsApp 081310033506 | Wechat: KimuraGallery | Line: KimuraGallery

Ebook Order Now!!!

Sabtu, 13 Juli 2013

SEJARAH DAPUR DAN PANTRI

Istilah dapur sering kali dikaitkan dengan penemuan kompor dan perkembangan cara menyuplai  air  kedalaman hunian. Sampai dengan abad ke 18 makanan dimasak pada tempat terbuka. Begitu juga dengan air yang digunakan sbg bahan masak di ambil dari sumur yang terletak di luar rumah. Posisi dapur juga cenderung dibelakang. Karena dahulu dapur mempunyai image kotor, sehingga sesuatu yg kotor letaknya dibelakang.

Ketika mulai masuknya masa industrialisasi yaitu pertengahan abad 19, mulai Dirancang jalur pipa air ke dalam suatu hunian. Begitu juga dengan alat masak yaitu kompor sudah mulai menggunakan gas. Sehingga masak pun lebih efisien dan higienis. Karena higienis dan efisien, Paradigma letak dapur perlahan berubah yang tadinya berada di belakang. Bahkan di beberapa rumah modern, letak dapur berada dekat ruang utama. Ini membuktikan pergeseran fungsi dapur yang tadinya hanya area untuk memasak menjadi tempat berkumpul nya anggota keluarga.

Sejalan dengan perkembangan zaman, pola tradisional pun sudah mulai ditinggalkan. Berbagai elemen dapur sudah banyak yang modern. Dari segi fungsi penyimpanan bahan makanan, memasak, hingga pencucian. Dapur dan pantri cukup banyak model dan fungsinya. Semua itu tergantung selera dan anggaran masing - masing keluarga.

Semoga info tentang sejarah  dapur dan pantri bisa Bermanfaat bagi rekan2.


Adurrahman Hakim                       
www.rumah-strategis.com

hakim1480@gmail.com
admin@rumah-strategis.com
kimura_creatsi@yahoo.com

Showroom: Jl. Riau no 14B Pekanbaru
Cabang: Komp. Bukit Nusa Indah Jln. Cemara Kav.1480 Ciputat - Tangerang 15414 Indonesia

WhatsApp 081310033506
Wechat: KimuraGallery
Line    KimuraGallery       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar