Assalamualaikum, Blog ini merupakan kumpulan Tips, Portofolio saya, ide kreatif Seputar Interior dan Renovasi. Baik itu Rumah Ruko maupun kantor.

Salam Sukses,
Abdurrahman Hakim
www.rumah-strategis.com
hakim1480@gmail.com | admin@rumah-strategis.com | kimura_creatsi@yahoo.com
Showroom: Jl. Riau no 14B Pekanbaru
Phone/WhatsApp 081310033506 | Wechat: KimuraGallery | Line: KimuraGallery

Ebook Order Now!!!

Sabtu, 09 November 2013

Tips FURNITURE RUANG KELUARGA

FURNITURE RUANG KELUARGA
Kursi Nyaman Jadi Prioritas

Percaya atau tidak, kenyamanan berkumpul di ruang keluarga salah satunya di tentukan oleh furniture yang tepat, terutama tempat duduk.

Sampai saat ini, ruang keluarga masih menjadi tempat favorit untuk berkumpul anggota keluarga. Ruang ini akan digunakan untuk melakukan beragam aktivitas, mengobrol santai, menikmati secangkir teh, menonton televisi/ film, Menikmasti kebersamaan atau bermain game.


Untuk mendukung beragam aktivitas diatas, ruang keluarga yang nyaman adalah hal yang mutlak diperlukan. Salah satu yang menentukan kenyamanan di ruang keluarga adalah furniture nya. "Pemilihan furniture yang tepat dapat membuat keluarga kian betah dan berlama - lama berkumpul bersama. Tentunya, ini menjadi alat yang baik untuk menjaga keharmonisan antara anggota keluarga itu sendiri", 
Karena banyak kegiatan di ruang keluarga yang membutuhkan tempat duduk, maka furniture ini jadi penentu kenyamanan. Namun ada ny furniture lain nya yang harus diperhatikan. Apa saja mereka ? Mari simak ulasan berikut.

Credenza


Di ruang keluarga, credenza sering berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan pigura foto, pernak pernik, televisi, dan perangkat audio lainnya.

Desain, ukuran dan material credenza cukup beragam. Ada desain bergaya klasik , ada juga yang simpel. Begitu juga dengan ukuran nya, ada yang kecil, sedang dan yang besar.
Panjang credenza dapat disesuaikan dengan luas ruang dan kebutuhan. Namun standar ukuran tinggi credenza 70-80 cm dengan lebar 60 cm.

Umum nya credenza terbuat dari material kayu solid atau multipleks. Material ini jarang menggunakan kayu olahan, karena dikhawatirkan tidak mampu menahan beban berat.

Tempat Duduk

Kenyamanan duduk termasuk prioritas utama saat berkumpul bersama keluarga. Karena itu, tempat duduk harus benar - benar di pilih yang nyaman. Di ruang keluarga, kebanyakkan orang lebih memilih menggunakan sofa ketimbang kursi kayu karena di nilai lebih nyaman dan informal.

Yang perlu diperhatikan saat memilih sofa adalah bahan pelapis sofa dan rangka nya. Untuk rangka, Anda dapat memilih rangka kayu atau aluminium yang tahan karat. Jenis kayu yang sering digunakan biasa nya kayu bangkirai, kamper atau jati. Sedangkan bahan pelapis nya antara lain suede, chennile, katun dan kulit sintetis.

"Sofa bahan kulit pemeliharaan nya cukup mahal dan memakan waktu. Sofa ini hanya cocok digunakan diruangan besar dan ber Ac. Sofa bahan kain, terasa lebih dingin dibandingkan dengan sofa berbahan kulit jika didalam ruangan yang lebih panas. Hanya, Anda harus berhati - hati karena sofa ini menyimpan  banyak debu. Sementara kulit sintetis cukup mudah dirawat dan nyaman digunakan, tetapi banyak yang palsu di pasaran".

Sementara untuk ukuran, walau di buat custom, jangan sampai membuat sofa yang sangat kecil. Sisi kenyamanan harus tetap diperhatikan. Ukuran ideal ny adalah 60 cm x 60 cm x 40 cm, belum termasuk pegangan dan sandaran.













Panel

Panel termasuk furniture yang selalu hadir di ruang keluarga. Desainnya pun sangat beragam. Materialnya juga tak terbatas, bisa terdiri dari satu material atau beberapa material yang dipadukan, misal nya dipadukan antara kayu dan cermin, atau antara kayu dan steanless steel. Ukuran nya pun sangat flexibel, tergantung keinginan dan luas ruangan.





Yang perlu diperhatikan adalah, Anda harus tetap membuat rangka, jangan sampai multipleks ditempel langsung ke dinding. Tujuannya adalah untuk menghindari kelembapan dinding, yang berpotensi merusak kayu. Untuk rangka, cukup menggunakan besi hollow ukuran 2 cm x 4 cm, sementara badan panelnya dapat menggunakan material kayu solid atau kayu olahan 3 cm. Sementara untuk penggunaan material cermin, Anda harus tetap menempelkan nya lebih dulu ke kayu. Tebal cermin minimal 5 cm.



Jika Anda ingin mengkolaborasikan panel dengan rak pajang, Anda harus memperkuat rangka agar panel mampu menahan beban. Untuk material panelnya pun, minimal menggunakan multipleks, lebih baik lagi kayu solid sehingga kuat menahan beban, dan rak dapat menempel sempurna ke dinding panel.


Meja Pendek



Walaupun pengaruh nya tidak sebesar sofa, desain meja untuk ruang keluarga juga menentukan kenyamanan. Saat ini desain meja sangat beragam. Namun, jika dilihat bentuk dasarnya, meja untuk ruang keluarga dibagi dalam 3 kategori, yaitu berbentuk bulat, kotak dan persegi panjang. "Meja kotak dan bulat sebaiknya digunakan untuk ruangan yang kotak juga, sementara untuk persegi panjang dapat diletakkan di ruang bentuk apapun"


Ukuran meja yang sangat flexibel, tergantung kebutuhan. Namun, standar kenyamanan untuk meja berbentuk kotak adalah 60 cm x 60 cm x 45 cm, meja berbentuk persegi panjang ukurannya 60 cm x 90 cm x 45 cm, sementara meja bulat sebaiknya diameter 60 cm x tinggi 45 cm




Materialnya pun tidak terbatas, untuk rangka meja, Anda dapat menggunakan kayu solid, multipleks, kayu, besi, aluminium, dan bahan sejenis plastik. Khusus untuk kaca dan bahan plastik, minimal ketebalannya 1 cm. Sementara untuk kayu dan multipleks, ketebalan minimal 3 cm. Untuk badan meja, Anda dapat menggunakan material diatas, plus material kayu olahan seperti blackboard, MDF, HDF dan teakboard.






TELAH HADIIR !!!

Kumpulan LENGKAP EBOOK DESAIN INTERIOR

Dalam membuat suatu kitchen set, maka kita harus mengetahui ukuran ruangan, model kitchen set, bahan yang akan digunakan dan tentu saja BUDEGET yang tidak kalah pentingnya. 

Click Gambar di bawah ini Untuk Lebih Detail:




demikian semoga bermanfaat

Abdurrahman Hakim                       

Showroom: Jl. Riau no 14B Pekanbaru
Cabang: Komp. Bukit Nusa Indah Jln. Cemara Kav.1480 Ciputat - Tangerang 15414 Indonesia

Pin BB: 75EA83DF
WhatsApp 081310033506

Wechat: KimuraGallery
Line    KimuraGallery 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar